Kamis, 04 Juni 2009

Jakarta dan Trotoar..

Jakarta dan trotoar..
ini pandangan gw tentang trotoar yang ada di Jakarta..
Gw berpikir napa orang males jalan kaki??
sekarang dah kejawab sendiri,. Kenapa??
karena trotoar di Jakarta ga jelas dan brantakan.,
ga semuanya berantakan, ada di bberapa tempat yang trotoarnya emank bagus, tpi juga ada yang ancur..
Dan napa orang jadi males jalan? karena trotoar yang berantakan jelas menyebabkan orang ngerasa ga aman jalan kaki karena terkadang harus jalan di tepi jalan..bahaya kan??
Ini gw alamin sendiri waktu gw lagi ke wondershoe di kemanggisan..
beberapa kali gw, tella, mone ampir diserempet mobil..
badan kita dan mobil ga ada jarak 30 cm di beberapa titik jalan menuju ke sana karena ga ada trotoar..yang ada got gede.. :(
Selain merasa ga aman, karena panas..
emank sih kita ga bsa nyalahin matahari yang makin panas karena pemanasan global.,
pemanasan global karna salah kita juga kan?!
Tapi setidaknya di trotoar itu mank ada pohon-pohon biar adem..
bukannya gw mw bandingin indo dengan negara lain, tp kita perlu contoh sbuah negara yang pernah gw kunjungin,.
Di negara itu, gw berasa sangat aman dan nyaman ketika berjalan kaki..
malah kemana pun kita pergi pasti jalan kaki..
kenapa di LN kita mw jalan kaki sedangkan disini enggak?
karena trotoar disana luas dan banyak pohonnya sehingga timbul rasa aman..
ga nyalahin pemerintah juga,.pemerintah pasti juga udah usaha biar Jakarta tertib..
tapi emank dasarnya beberapa orang ga bisa jaga fasilitas umum yang dah diusahain..
mestinya pedagang yang dagang di trotoar dikasih lapak kecil juga biar kesannya lebih teratur jadi enak diliat deh..
Makanya kita juga dari diri sendiri berusaha jaga fasilitas umum dimana pun kita berada biar Jakarta jadi nyaman dan kita pun juga nyaman tinggal di Jakarta..

4 komentar:

Nicho mengatakan...

emang bener kok lin. trotoar yang ada di Jakarta itu gak memadai. itu luar negeri yang lo maksud Singapur bukan?hehe. setuju gak kalo jalan dipersempit, pajak mobil dinaikkin, trotoar digedein, jalur hijau diperbanyak?
gw sih setuju2 aja. gw malah sangat memimpikan hal itu.hehe

Lidwina Angelica Adeline Santoso mengatakan...

stuju..
jadi kmana-mana jalan kaki deh..
trus cb ada jalur speda juga..,makin asik deh tiap kalii mw spedaan ga diserempet kopaja ma taksi lg deh..haha
iya nic, negaranya singapur..hehe

Nicho mengatakan...

ya elah lin. nyebut singapur aja implisit banget.hehehe.
itu juga ide bagus lin. ada jalur sepeda.
tepi, ini masih jauh dari kenyataan. buat orang Jakarta, yang penting itu prestise. bagaimana dia dimata orang, bagus ato nggak. jadi, makin banyak punya mobil dan harta-harta yang laennya, makin tinggi prestisenya. inilah mengapa susah banget merubah kehidupan jakarta, karena emang orang-orangnya masih gak mau berubah.hehe

Lidwina Angelica Adeline Santoso mengatakan...

gw ga sebut langsung karena beberapa org pasti bilang jangan bandingin jakarta ma singapur, ya beda jauh lah..rata2 ngomong bgtu..
selain trotoar yang diperhatiin, coba kendaraan umum juga dirawat, bersih, aman..
orang2 pasti masih ad yang mw naik kendaraan umum, ga cuma kalo kepepet..

Posting Komentar